Minggu, 16 Agustus 2009

SEMARAK LAYANAN KHITAN MASAL BSMI SURABAYA


BSMI SURABAYA PEDULI KEMANUSIAAN

Surabaya – Bebaris rapi dengan kemeja takwa warna biru, Dani menyalami tamu undangan, mulai dari camat Krembangan, direktur Hotel Antariksa, alim ulama, dan juga asisten walikota Surabaya. Tak ada raut muka sedih keluar dari benak wajah polosnya. Sesekali, Dani dan kawan-kawan sebayanya melirik panggung yang dihiasi ornament dan hiasan bertulisakan Khitanan Masal. Ya, Dani, hari itu, Ahad 8 Maret 2009, hendak mengikuti ritual penting bagi masa depannya. Yakni acara sunat atau khitan masal yang digelar Hotel Antariksa bekerjasama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) dan masyarakat Gadukan Krembangan Surabaya.

Seolah menunggu giliran dipanggil, dia berharap sunatan kali ini tidak membawa efek sakit, menyeramkan, dan menakutkan. Al hasil, iming-iming hadiah pasca khitan, seperti uang saku, tas sekolah dan cindera mata bisa membius Dani dan 80 anak lainnya dalam antrian sunat masal pagi itu.

Ritual sunat atau khitan sangat penting. Menurut Ketua tim medis khitan masal Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Cabang Surabaya, dr Syaiful Anwar, selain diwajibkan oleh agama, khitan juga bermanfaat dalam kaca mata kesehatan. Selain kebersihan alat ekskresi, khitan dapat mencegah berbagai penyakit yang dapat menjangkiti alat kelamin pria. “Maka sejak kecil, hari ini mereka dikhitan supaya dapat cegah penyakit sejak dini” ujar lulusan FK Unair ini di sela-sela prosesi sunat terhadap Dani bocah kelas 3 SD ini.

Satu persatu teman-teman Dani keluar dari kamar-kamar hotel. Bukan selesai menginap disana lho, tetapi kamar-kamar tersebut disediakan oleh Hotel Antariksa untuk menjadi tempat khitan masal. 17 kamar berisi 17 tim dokter dan 20 paramedis BSMI Surabaya memeriksa dan mengkhitan mereka. Menarik memang, hotel dijadikan tempat 81 anak yang kebanyakan siswa TK dan SD ini dikhitan. Dan ini bukan yang pertama, tiap tahun panitia memberi layanan sunat gratis sebagai wujud kepedulian kepada sesama. Dan pada tahun 2009 ini bertepatan dengan peringatan maulid Nabi.

BSMI Surabaya sendiri, telah memberi layanan khitan kepada lebih dari 3000 anak se Jawa Timur. ”Ini sudah dilakukan sejak BSMI Surabaya berdiri tahun 2003 sampai sekarang” ujar Ketua BSMI Surabaya, dr Arief Basuki, Sp.An.Selain yang bersifat masal, lanjut Arief, Layanan khitan sosial, juga diberikan di sembilan layanan kesehatan masyarakat yang dikelola BSMI di Surabaya dan sekitarnya. (aria)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VIDEO BSMI DI BANJIR BOJONEGORO 2009 (1)

VIDEO BSMI DI BANJIR BOJONEGORO 2009 (2)

PEDULI BANJIR BOJONEGORO

PEDULI BANJIR BOJONEGORO

PEDULI BANJIR BOJONEGORO 2

PEDULI BANJIR BOJONEGORO 2

BSMI JUGA PEDULI BANJIR PASURUAN JANUARI 2009

BSMI JUGA PEDULI BANJIR PASURUAN JANUARI 2009
SALURKAN BANTUAN MELALUI REKENING BSMI Bank Muamalat Indonesia: 701 005 2115 (an. Bulan Sabit Merah Indonesia). BSMI KIRIM TIM MEDIS UNTUK KORBAN BANJIR PASURUAN 29 JANUARI 2009

BSMI SURABAYA PEDULI PALESTINA

BSMI SURABAYA PEDULI PALESTINA

BSMI Berangkat ke Gaza

Get the Flash Player to see this player.
Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), Kamis (1/1) mengirimkan tim medis, dana kemanusiaan dan obat-obatan ke Palestina.

BSMI sendiri mengirimkan 2 dokter ahli ke Palestina, yang bertugas membantu korban sipil Palestina yang mengalami luka-luka akibat serangan biadab Israel.

Ketua Umum BSMI dr. Basuki Supartono menyatakan, tim BSMI berangkat ke Palestina merupakan delegasi dari pemerintah.

Tim BSMI akan membawa dana kemanusian, obat-obatan vitas seperti antibiotik, anti tetanus, antinyeri dan obat ortopedi untuk trauma perang. Obat-obatan itu untuk kondisi darurat.

Selain itu dr. Basuki menyatakan, pihaknya telah mengumpulkan dana kemanusian sebanyak Rp 350  juta. Dana itu akan langsung diserahkan kepada korban warga Palestina ataupun untuk keperluan medis.

| Rep/Kam: Alam | Penulis: Syarif | VO:Maya | Editor Video:Uche |

DERITA KEMANUSIAAN DI PALESTINA 2009

BSMI DI SELURUH INDONESIA

Blokade Ekonomi di Gaza 2006-2008

DERITA RAKYAT GAZA AKIBAT BLOKADE ISRAEL

Tahun 2006 : Pangabdian Tim BSMI Ke Lebanon

Tahun 2006 : Pengabdian Tim BSMI ke Lebanon (2)

Tahun 2006 : Pengabdian Tim BSMI ke Lebanon (3-Habis)