Senin, 09 Maret 2009

BSMI Kirim Bantuan Ke Manokwari

BSMI SURABAYA PEDULI KEMANUSIAAN

BSMI Kirim Bantuan Ke Manokwari

Manokwari – Meski isu besar Palestina membuat fokus perhatian tertuju ke sana, tapi tidak membuat Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) melupakan bencana di Tanah Air. Awal Januari 2009 lalu, terjadi gempa besar di Papua Barat, tepatnya di Kota Manokwari dan sekitarnya. Tim tanggap bencana BSMI pusat hadir memberi bantuan kepada korban sampai ke desa-desa.
Bertolak dari Jakarta Senin (5/1) pagi , tim BSMI tiba di Maknokwari sore waktu setempat dan melakukan koordinasi denganWakil Gubernur Papua Barat di kantor Gubernur untuk penempatan tim kesehatan di daerah bencana. Bersama dinkes dan satkorlak, BSMI melakukan evaluasi data korban dalam rangka penempatan tim medis ke desa yang lebih membutuhkan pengobatan.
Keesokan harinya, Selasa (6/1) BSMI lakukan baksos pengobatan umum di distrik Masni. 187 orang mendapat pelayanan medis dari pagi hingga sore. Malam hari sampai dini hari, di kampung Makassar, 98 warga terlayani oleh dokter BSMI. Rata-rata mereka terjangkit ISPA, gastritis, malaria, pusing dan trauma akibat gempa yang kekuatannya mencapai 7 SR. terdapat 1 orang terkena luka terbuka di bagian kaki kanan akibat tertimpa tembok pagar yang runtuh. Tim BSMI melalukan operasi 9 jahitan luar dalam.
Tak kenal lelah, walau sampai dini hari, paginya, Rabu (7/1) BSMI kembali menggelar baksos di daerah Pantura Distrik Amban desa Assay. 71 orang ikuti pengobatan umum disana. Malam harinya, bantuan dikirim ke kampung Bugis, menjangkau 81 warga. Rata-rata penyakit yang diderita ISPA, gastritis, malaria, analgia, Pusing, trauma, Imsonia, GEA, Kulit, dan Flu. Dua orang diantaranya bahkan menderita luka terbuka di lutut kanan dan tumor pada kaki kiri akibat gempa.
Kamis (8/1) BSMI lakukan koordinasi dengan dokter dari Universitas Hasanuddin (Unhas). Membicarakan tentang rencana operasi bedah tulang terhadap 3 orang korban yang sudah dirawat di RSU Manokwari. Malam harinya, pengobatan umum digelar di kampung nelayan Borobudur II yang menjangkau 79 orang.
Semua pengabdian kemanusiaan BSMI di Manokwari memperlihatkan kepada bangsa Indonesia bahwa tugas kemanusiaan tidak mengenal batas. Baik agama, wilayah maupun suku. BSMI hadir di desa-desa yang mayoritas penduduk beragama Kristen. Semua dilakukan karena satu kata, kepedulian untuk kemanusiaan. (bsmipusat/diolah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VIDEO BSMI DI BANJIR BOJONEGORO 2009 (1)

VIDEO BSMI DI BANJIR BOJONEGORO 2009 (2)

PEDULI BANJIR BOJONEGORO

PEDULI BANJIR BOJONEGORO

PEDULI BANJIR BOJONEGORO 2

PEDULI BANJIR BOJONEGORO 2

BSMI JUGA PEDULI BANJIR PASURUAN JANUARI 2009

BSMI JUGA PEDULI BANJIR PASURUAN JANUARI 2009
SALURKAN BANTUAN MELALUI REKENING BSMI Bank Muamalat Indonesia: 701 005 2115 (an. Bulan Sabit Merah Indonesia). BSMI KIRIM TIM MEDIS UNTUK KORBAN BANJIR PASURUAN 29 JANUARI 2009

BSMI SURABAYA PEDULI PALESTINA

BSMI SURABAYA PEDULI PALESTINA

BSMI Berangkat ke Gaza

Get the Flash Player to see this player.
Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), Kamis (1/1) mengirimkan tim medis, dana kemanusiaan dan obat-obatan ke Palestina.

BSMI sendiri mengirimkan 2 dokter ahli ke Palestina, yang bertugas membantu korban sipil Palestina yang mengalami luka-luka akibat serangan biadab Israel.

Ketua Umum BSMI dr. Basuki Supartono menyatakan, tim BSMI berangkat ke Palestina merupakan delegasi dari pemerintah.

Tim BSMI akan membawa dana kemanusian, obat-obatan vitas seperti antibiotik, anti tetanus, antinyeri dan obat ortopedi untuk trauma perang. Obat-obatan itu untuk kondisi darurat.

Selain itu dr. Basuki menyatakan, pihaknya telah mengumpulkan dana kemanusian sebanyak Rp 350  juta. Dana itu akan langsung diserahkan kepada korban warga Palestina ataupun untuk keperluan medis.

| Rep/Kam: Alam | Penulis: Syarif | VO:Maya | Editor Video:Uche |

DERITA KEMANUSIAAN DI PALESTINA 2009

BSMI DI SELURUH INDONESIA

Blokade Ekonomi di Gaza 2006-2008

DERITA RAKYAT GAZA AKIBAT BLOKADE ISRAEL

Tahun 2006 : Pangabdian Tim BSMI Ke Lebanon

Tahun 2006 : Pengabdian Tim BSMI ke Lebanon (2)

Tahun 2006 : Pengabdian Tim BSMI ke Lebanon (3-Habis)